Sabtu, 12 Oktober 2013

Open GL


Pada kali ini saya akan sedikit membahas tentang open GL, yang terdapat pada mata kuliah “Grafik Komputer & olah Citra” yaitu tentang pembuatan garis vertikal, horizontal dan juga diagonal dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ yang dipadukan dengan library khas dari OpenGL yaitu Glut.h.
Langsung kita masuk ke inti dari artikel ini yaitu membukal OpenGL agar bisa digunakan dan membuat program-programnya.

Tahap Penginstalan
Langkah pertama klik icon dev c++,seperti dibawah ini

Pilih Tools --> Package Manager untuk membuka jendela Package Manager.

Lalu, klik pada Menu Package --> Install Package


Lalu pilih directory dimana glut37.zip nya didownload
,


Klik OK, akan muncul jendela baru.

Klik install. dan Tunggu sampai semuanya terinstall.

Selesai.

Pembuatan garis

Langkah pertama klik File --> New --> Project


Akan terbuka tampilan berikut

Lalu:
Pilih MultiMedia --> Klik OpenGL  --> Ganti Nama (Opsional) --> Pilih C++ Project  -->Klik OK

Ketik koding pada  perintah“/*OpenGL animation code goes here*/”, dan disitulah kita mulai memasukkan coding dan source tersebut.
Pada pembuatan garis baik dari vertikal, horizontal, maupun diagonal memiliki fungsi pemahaman tentang garis pada line di coding bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertical,horizontal,dan diagonal.
1)      Garis Vertikal

Logika program :
glPushMatrix ();
membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
glBegin (GL_LINES);
menggambar garis dan titik yang digunakan
glVertex3f(0,0,-0.0);
 lokasi titik awal berada pada (0,0, dan -0,0) dengan tipe float
glVertex3f(0.0,10.0,0.0);
menentukan titik akhir
glEnd ();
mengakhiri gambar garis pada titik akhir
glPopMatrix ();
membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
SwapBuffers (hDC); menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1);  mengakhiri program


2)      Garis Horizontal



glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); 
memilih warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); 
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_LINES); 
Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(-0.9f, 0.0f, 0.0f); 
Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.7f, 0.0f, 0.0f); 
Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); 
Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); 
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); 
Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}


3)      Garis Diagonal


glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); 
memilih warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); 
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_LINES); 
menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0,0,-0.8); 
menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(6.9,8.7,0.1); 
menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); 
mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); 
membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); 
mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}

Sekian dulu penjelasan tentang Pembuatan garis dengan OpenGL, insyaAllah bermanfaat.

NAMA                                     : Syafaat
NPM                                        : 16111969
KELAS                                     : 3KA39
MATA KULIAH                      : GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Menempuh jalan menuju Allah

Pengikut