Pada kali ini saya akan sedikit membahas
tentang open GL, yang
terdapat pada mata kuliah “Grafik Komputer & olah Citra” yaitu
tentang pembuatan garis vertikal, horizontal dan juga diagonal dengan
menggunakan bahasa pemrograman C++ yang dipadukan dengan library khas dari
OpenGL yaitu Glut.h.
Langsung kita
masuk ke inti dari artikel ini yaitu membukal OpenGL agar bisa digunakan dan
membuat program-programnya.
Tahap Penginstalan
Langkah pertama klik icon dev c++,seperti dibawah ini
Pilih Tools --> Package
Manager untuk membuka jendela Package Manager.
Lalu, klik pada Menu Package --> Install Package
Lalu pilih directory dimana
glut37.zip nya didownload
,
Klik OK, akan muncul jendela baru.
Klik install. dan Tunggu sampai semuanya terinstall.
Selesai.
Pembuatan garis
Langkah pertama klik File --> New --> Project
Akan terbuka tampilan berikut
Lalu:
Pilih MultiMedia --> Klik OpenGL --> Ganti Nama (Opsional) --> Pilih C++ Project -->Klik OK
Pilih MultiMedia --> Klik OpenGL --> Ganti Nama (Opsional) --> Pilih C++ Project -->Klik OK
Ketik koding pada perintah“/*OpenGL animation code goes here*/”, dan disitulah
kita mulai memasukkan coding dan source tersebut.
Pada pembuatan garis baik dari vertikal,
horizontal, maupun diagonal memiliki fungsi pemahaman tentang garis pada line
di coding bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat
dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat
diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan
setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk
open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertical,horizontal,dan
diagonal.
1)
Garis Vertikal
Logika program :
glPushMatrix ();
membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
glBegin (GL_LINES);
menggambar garis dan
titik yang digunakan
glVertex3f(0,0,-0.0);
lokasi titik awal berada pada (0,0, dan -0,0)
dengan tipe float
glVertex3f(0.0,10.0,0.0);
menentukan titik akhir
glEnd ();
mengakhiri gambar garis
pada titik akhir
glPopMatrix ();
membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
SwapBuffers (hDC); menukar bagian
belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1); mengakhiri program
2)
Garis
Horizontal
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f,
0.0f);
memilih
warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
membersihkan
layar latar belakang.
glPushMatrix ();
baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_LINES);
Untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(-0.9f, 0.0f, 0.0f);
glVertex3f(-0.9f, 0.0f, 0.0f);
Untuk
menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.7f, 0.0f, 0.0f);
glVertex3f(0.7f, 0.0f, 0.0f);
Untuk
menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();
Untuk
mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix ();
glPopMatrix ();
Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);
Untuk
mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}
Sleep (1);
}
}
3)
Garis
Diagonal
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f,
0.0f);
memilih
warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
membersihkan
layar latar belakang.
glPushMatrix ();
Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_LINES);
menggambar
garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(0,0,-0.8);
menentukan
titik awal yang digunakan.
glVertex3f(6.9,8.7,0.1);
glVertex3f(6.9,8.7,0.1);
menentukan
titik akhir yang digunakan.
glEnd ();
mengakhiri
gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix ();
glPopMatrix ();
membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);
mengantikan
bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}
Sleep (1);
}
}
Sekian dulu
penjelasan tentang Pembuatan garis dengan OpenGL, insyaAllah bermanfaat.
NAMA
: Syafaat
NPM
: 16111969
KELAS
: 3KA39
MATA
KULIAH :
GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar